Gagah Health : Jenis Makanan Yang Enak Namun Beracun

gagahone.blogspot.co.id,- Teman Hangat Anda Sambil Minum Kopi

gagahnews,- Setiap bahan makanan yang kita beli baik di warung atupun supermarket, selain rasanya enak tentu juga memiliki khasiat penting bagi tubuh kita. Akan tetapi terdapat beberapa jenis makanan yang terlihat enak dan penuh khasiat akan tetapi terdapat racun di dalamnya yang dapat membahayakan tubuh kita. Apa sajakah jenis makanan tersebut? Yang apabila dikonsumsi dapat menjadi racun yang membahayakan tubuh kita.
gagahone.blogspot.co.id merangkum jenis-jenis makanan tersebut dalam berita penting kali ini. Berikut beberapa jenis makanan yang dimaksud:
1.   Buah berbiji
Tentu saat kecil seringkali orang tua kita melarang memakan atau menelan biji buah apel, buah ceri, persik dan aprikot? Saat itu, orang tua kita selalu menasihati kita jika kita menelan biji-bijian tersebut, maka bijinya akan tumbuh subur di dalam tubuh kita sehingga dari kepala kita akan keluar pohon yang tumbuh dari dalam perut. Akan tetapi entah kenapa saat itu kita selalu percaya terhadap kebohongan yang konyol tersebut.
 Kini diketahui bahwa larangan tersebut benar adanya, hal tersebut dikarenakan biji buah apel, plum, persik, ceri, aprikot mengandung amygdalin. Bila dikonsumsi dalam porsi kecil bisa menyebabkan muntah dan pusing. Sedangkan dalam jumlah besar bisa menyebabkan gagal ginjal atau koma.

Amigdalin adalah toksin glikosida yang jika digabung dengan enzim pencernaan menghasilkan hidrogen sianida, racun yang sama dengan yang disebut Cylon B. Amigdalin yang sudah diubah menjadi hidrogen sianida bisa berbahaya karena ia akan mengurangi kemampuan sel darah merah membawa oksigen. Meski dalam jumlah kecil tubuh bisa membuang hidrogen sianida, dalam jumlah besar, itu bisa berakibat fatal. 
Seseorang yang keracunan hidrogen sianida akan mengalami gejala gemetar, lemas, mual, muntah, detak jantung berdebar cepat, dan sakit kepala. Dalam jumlah besar, hidrogen sianida akan menyebabkan sesak napas, koma, gagal napas, tekanan darah rendah, kerusakan paru, bahkan kematian.
2.   Pala
Bumbu rempah yang satu ini sebenarnya halusinogen atau bahan yang menimbulkan halusinasi karena mengandung myristicin. Jika digunakan sedikit tidak masalah, namun jika dalam jumlah besar seperti satu buah pala misalnya bisa sebabkan muntah, pusing, berkeringat, dan sakit kepala. Dalam beberapa kasus bisa ada yang meninggal.
3.   Kentang
Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sehat, namun hindari kentang dengan semburat kehijauan. Kentang yang seperti ini biasanya disimpan terlalu lama karena mengandung glycoalkaloids. Jika dikonsumsi menyebabkan perut kram, diare, sakit kepala, bahkan koma.
4.   Almond pahit
Almond memiliki dua variasi, yakni manis dan pahit. Almond pahit mengandung jumlah hidrogen sianida dalam jumlah besar. Jika mengonsumsi 7-10 almond bisa menyebabkan masalah kesehatan bagi orang dewasa dan berakibat fatal bagi anak-anak.
5.   Tuna
Yang dikhawatirkan pada poin ini adalah tuna mengandung merkuri yang diserap ikan jenis ini. Jika Anda mengonsumsi tuna yang mengandung merkuri, bahan berbahaya ini bisa masuk ke ginjal atau menuju otak yang berbahaya bagi kesehatan.
6.   Kacang mete
Sebenarnya saat kita membeli kacang mete mentah, itu sudah dikukus terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk mengurangi kandungan urushiol yang beracun. Tingginya kadar uroshiol bisa berakibat fatal pada kehidupan.

0 Response to "Gagah Health : Jenis Makanan Yang Enak Namun Beracun"

Posting Komentar